Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kecamatan Nawangan Lakukan Patroli Pengawasan di Daerah Perbatasan Jatiroto, Jawa tengah.

nawangan

Nawangan, 3 Juli 2024 - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Nawangan menggelar patroli pengawasan intensif untuk mengawal hak pilih warga di wilayah yang menjadi perbatasan dengan jawa tengah. Patroli ini merupakan bagian dari upaya besar untuk memastikan bahwa setiap warga yang memiliki hak pilih telah dicoklit oleh petugas pantarlih di wilayah kerjanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Patroli dilakukan dengan meninjau langsung beberapa rumah warga yang jauh dari perumahan atau memasuki wilayah perbatasan. Selama patroli, petugas Panwaslu berkeliling untuk memantau jalannya proses pemutakhiran data pemilih. Mereka memastikan bahwa seluruh masyarakat terutama yang berada diluar jangkauan telah mendapatkan hak pilihnya yang dibuktikan dengan formulir model A yang diberikan oleh petugas pantarlih setempat sebagai tanda bukti.

Selain pengawasan teknis, Panwaslu juga berinteraksi langsung dengan warga. Salah satunya rumah ibu Satinem RT 004 RW 13 dusun Sengon desa Penggung perbatasan  Jatiroto. Hasil patroli pengawasan Panwaslu Nawangan bahwa ibu satinem telah dicoklit oleh petugas pantarlih setempat pada hari Selasa 2 Juli 2024. Mereka juga mendengarkan keluhan atau masalah yang mungkin dihadapi pemilih, serta memberikan informasi dan edukasi mengenai pentingnya menjaga hak pilih. Panwaslu kecamatan Nawangan ingin memastikan bahwa warga merasa aman dan terlindungi saat menyalurkan suaranya kelak.

Ketua Panwaslu Kecamatan Nawangan Lendra Tendy menegaskan bahwa patroli pengawasan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah berbagai bentuk pelanggaran pemilu, serta memastikan proses coklit telah dilakukan meskipun di wilayah terjauh. "Kami berkomitmen untuk menjaga integritas pemilu. Setiap pelanggaran akan ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. Kami ingin memastikan bahwa setiap suara warga dihargai dan diakui," ujarnya.

Patroli pengawasan ini diharapkan dapat menciptakan suasana pemilu yang jujur, adil, dan transparan. Panwaslu Kecamatan Nawangan berharap upaya ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di Indonesia. "Kami ingin pemilu berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih oleh rakyat," tambah Ketua Panwaslu.

Dengan kegiatan ini, Panwaslu Kecamatan Nawangan menegaskan komitmennya untuk mengawal hak pilih setiap warga dan memastikan bahwa proses demokrasi berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan kejujuran. (Nimas)