Lompat ke isi utama

Berita

PASTIKAN KETAATAN PROSEDUR COKLIT TERLAKSANA, PANWASLU KECAMATAN TEGALOMBO TERBITKAN SURAT IMBAUAN

sd

Tegalombo, 25 Juni 2024 – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tegalombo telah mengambil langkah tegas untuk memastikan ketaatan terhadap prosedur dalam tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2024. Langkah ini diambil dengan mengirimkan surat imbauan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) Tegalombo pada tanggal 23 Juni 2024 pukul 20.00 WIB.

Surat imbauan tersebut menegaskan pentingnya ketaatan terhadap prosedur yang telah ditetapkan dalam kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih. Panwaslu Kecamatan Tegalombo menekankan bahwa setiap tahapan khususnya pada tahapan pemutakhiran data Pemilih harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berpedoman pada prinsip komprehensif, inklusif, akurat, mutakhir, terbuka, responsif, partisipatif, akuntabel, pelindungan data pribadi, dan aksesibel.

Hanif Rohmatulloh, Anggota Panwaslu Kecamatan Tegalombo, mengatakan bahwa surat imbauan tersebut merupakan upaya preventif untuk menghindari adanya potensi pelanggaran dalam tahapan Pemilihan khususnya tahapan pemutakhiran data pemilih. "Kami berharap agar semua pihak yang terlibat dalam proses ini mematuhi aturan yang ada demi terciptanya pemilihan yang berkualitas dan bebas dari pelanggaran yang mungkin akan dilakukan oleh Pantarlih," ujar Hanif.

Selain itu, Hanif juga menegaskan kesiapan Panwaslu Kecamatan Tegalombo untuk melakukan pengawasan secara ketat dan melekat terhadap seluruh tahapan pemilihan yang akan berlangsung. "Kami siap bekerja sama dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan proses pemilihan berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambahnya.

Dengan langkah-langkah preventif yang telah diambil oleh Panwaslu Kecamatan Tegalombo, diharapkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Pacitan Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang dapat dipercaya oleh masyarakat.