Lompat ke isi utama

Berita

Peringati HPN 2020, Bawaslu Ingatkan Pers Sebagai Sebagai Salah Satu Pilar Demokrasi

Peringati HPN 2020, Bawaslu Ingatkan Pers Sebagai Sebagai Salah Satu Pilar Demokrasi

Gelar seminar bertajuk "Mewujudkan pilkada yang demokrasi berkualitas dan berintegritas", Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab Pacitan peringati Hari Pers Nasional (09/02/2020) di Hotel Srikandi.

Bawaslu Pacitan yang menjadi salah satu narasumber pada peringatan HPN ke - 74 ini menegaskan akan strategisnya posisi Pers dalam demokrasi. "Pers dan media mainstream harus menjadi garda terdepan dalam menangkal penyebaran berita bohong" ucap Agus Hariyanto Kordiv Hukum Humas dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Pacitan.

Lebih lanjut Agus menegaskan jika Pers berada pada posisi yang sangat strategis sebagai mitra dari penyelenggara pemilu khusunya pada gelaran Pilkada Pacitan 2020. "Posisi pers dalam tahapan pilkada ini ibarat saudara dekat, dimana pers menjadi media penyampain informasi - informasi kepemiluan baik itu dari sisi teknis maupun dari sisi pengawasan" Pungkas Agus
 
Pada kesempatan tersebut juga hadir bupati pacitan indartato yang menyampaikan beberapa poin penting salahsatunya  "Kunci pemilihan bupati itu ada 5 yaitu 1.Regulasi yg mengatur undang-dan lain sebagainya, 2. Penyelenggara ada KPU dan Bawaslu, 3. Aktornya yaitu pasangan calon, 4. Penentu yaitu rakyat yang akan memilih dan ke 5 adalah Dana. Jelasnya.

Sementara itu polres pacitan yang diwakili oleh wakapolres pacitan Kompol Sunardi menyoroti tentang logistik "Logistik untuk dipersiapkan betul jangan sampai ada kekurangan logistik di masing-masing TPS" 

Dandim 0801 pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi menyampaikan "bahwa TNI/Polri terutama di jajaran saya (TNI) harus selalu netral pada pemilihan kepala daerah maupun pemilihan umum".