Lompat ke isi utama

Berita

Pilkada Serentak 2024, Yuk Bareng Pengawas Ngawal Hak Pilih

Pacitan

Rabu, 10 Juli 2024 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pacitan akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 27 Nopember 2024, yang dimulai dengan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Coklit dilaksanakan kurang lebih satu bulan, tepatnya mulai tanggal 24 Juni – 24 Juli 2024. Tahapan ini menjadi salah satu fokus pengawasan kami, karena data pemilih ini sangat menentukan partisipasi masyarakat pada pemilihan serentak nanti”, ucap Eka Rizky Rasdiana selaku Anggota Panwaslu Kecamatan Pacitan.

Selaku penangungjawab di tingkat kecamatan Eka Rizky Rasdiana dalam pengawasan menekankan pada komunikasi, koordinasi dan konsolidasi dengan pelaksana tahapan tersebut, mulai dari PPK, PPS sampai dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). 

“Hari ini kami melakukan monitoring pengawasan uji petik pencocokan dan penelitian (Coklit) di Dusun Banaran, Desa Ponggok. Alhamdulilah hampir seluruh warga di desa ini sudah dicoklit. Kami memastikan pada warga yang sudah dicoklit data yang disampaikan akurat, asli dan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan”, ungkap Eka pada saat melakukan monitoring di Dusun Banaran, Desa Ponggok, Rabu (10/07/24).

Monitoring dilaksanakan Bersama dengan PPK Pacitan dan PPS Ponggok, untuk melihat proses kerja Pantarlih sekaligus pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Desa Ponggok.

“Pada hari ini tanggal 10 Juli 2024 kami dari PPK Pacitan mendampingi pencoklitan data pemilih didaerah yang memiliki letak geografis yang sulit di Dusun Banaran, Desa Ponggok”, kata Mu’ti selaku Koordinator Data PPK

Mu’ti menambahkan bahwa pada hari ini sudah 90,25% keseluruhan coklit di Kecamatan Pacitan dari 25 PPS. Semua data yang disampaikan KPU ke PPS semuanya sudah dalam kondisi tercoklit dan valid. Harapannya sesuai dengan target yang diberikan oleh KPU.

Eka selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat berharap pelaksanaan coklit dapat terlaksana dengan baik tanpa ada kendala serta masyarakat dapat memperoleh kepastian hukum atas data yang akurat dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian.

“Pilkada serentak 2024, Yuk bareng-bareng pengawas ngawal hak pilih”, tutup Eka.

Humas