Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Evaluasi dan Rencana Program Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Republik Indonesia

Rapat Evaluasi dan Rencana Program Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Republik Indonesia

Bawaslu Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2022 dan Persiapan Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2023 Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan di Hotel Claro, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 20 – 22 Februari 2023.

Terundang dalam acara ini Ketua dan Kordiv SDMO Bawaslu Provinsi se Indonesia, Ketua dan Kordiv SDMO Bawaslu Kabupaten/ Kota se Indonesia. Acara ini dibuka oleh Anggota Bawaslu RI, Dr. Herwyn J Malonda. Narasumber dalam acara ini di antaranya Ketua Bawaslu RI pertama, Nur Hidayat Sardini, Anggota Bawaslu RI pertama, Dr. Wirdyaningsih, SH, MH, serta Ketua Bawaslu RI periode 2017 – 2022, Abhan.

Herwyn menyampaikan, rencana Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan tahun 2023 akan meningkatkan kapasitas SDM Pengawas maupun eksternal Bawaslu, rencananya sebelum tahapan kampanye, program-program peningkatan kapasitas ini harus sudah terlaksana. Sementara itu, Dr. Wirdyaningsih atau yang lebih dikenal dengan Bu Nunung, menyampaikan bahwa evaluasi pengawas Pemilu berdasarkan SWOT, Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Oportunity (peluang) dan Threats (ancaman) agar dapat dilakukan pembinaan dengan terarah.

Sementara itu, Abhan menyampaikan, dalam menyusun program harus memperhatikan peraturan perundangan serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh Pengawas Pemilu untuk seluruh Divisi dan kebutuhan masyarakat terhadap pelaksanaan pengawasan tahapan-tahapan Pemilu.