Lompat ke isi utama

Berita

Satu Tahun Menuju Pemilu, Bawaslu Pacitan Ajak Pemilih Pemula Bergabung Jarimu Awasi Pemilu

Satu Tahun Menuju Pemilu, Bawaslu Pacitan Ajak Pemilih Pemula Bergabung  Jarimu Awasi Pemilu

Memperingati satu tahun menuju penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Pacitan mengajak pemilih pemula melek literasi kepemiluan dengan turut bergabung dalam komunitas digital pengawasan partisipatif “Jarimu Awasi Pemilu.”

Pengawasan pelaksanaan pemilu kini makin mudah. Masyarakat hanya perlu memanfaatkan aplikasi jarimu awasi pemilu yang diresmikan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pacitan pada Selasa (14/2) siang. Aplikasi ini bentuk wadah pengawasan partisipatif masyarakat.

Jarimu awasi pemilu bagian inovasi yang sesuai perkembangan zaman. Ini sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat yang kini lebih banyak aktif di dunia maya. Dengan aplikasi ini seluruh komponen masyarakat bisa melakukan pengawasan pemilu.

“Aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat pertukaran informasi, edukasi, literasi kepemiluan serta amanah dari Bawaslu peraturan tentang pengawasan partisipatif,” kata Berty.

Berty menambahkan keberadaan aplikasi Bawaslu ini membuka kesempatan seluruh elemen masyarakat terlibat aktif mengawasi pelaksanaan pemilu.

“Aplikasi tersebut akan sangat efektif dan memudahkan bagi pengawas pemilu dalam menyampaikan pengawasan secara berjenjang di kalangan masyarakat dan pemerintah,” tegasnya.

Partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024 diharapkan bisa menghasilkan pemilu berintegritas dan berkualitas.