Lompat ke isi utama

Berita

Staf Keuangan Bawaslu Pacitan Ikuti Bimtek Aplikasi SAKTI Tahun Anggaran 2022

Staf Keuangan Bawaslu Pacitan Ikuti Bimtek Aplikasi SAKTI Tahun Anggaran 2022

Dalam rangka implementasi penggunaan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), sekretariat Bawaslu Kabupaten Pacitan mengikuti Bimbingan Teknis Persiapan Implementasi SAKTI yang dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh 38 Operator Bawaslu Kabupaten/Kota se -Jawa Timur, Kamis-Jumat (20-21/01/2022).

Sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Timur menetapkan Siti Aminah sebagai PPK, Imam Agus Santosa sebagai BPP dan Bernard John Rindengan sebagai Operator Bawaslu Kabupaten Pacitan.

Kepala Bagian Administrasi Bawaslu, Tri Adiyanto Baay saat membuka bimtek menuturkan bahwa aplikasi Sakti digunakan sebagai sarana mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). “Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi ini digunakan untuk mendukung SPAN dalam mengelola keuangan dari perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran,” tuturnya.

Lebih jauh, pria yang akrab dipanggil Adibaay mengungkapkan bahwa sejak 2020 telah menerapkan aplikasi Sakti. Namun belum terintegrasi.

“Sejak tahun 2022, Sakti ini mengintegrasikan seluruh aplikasi satuan kerja yang ada. Karena sudah diterapkan untuk satker, maka dalam menunjang penerapannya bimbingan teknis pada sekretariat Bawaslu se-Jawa Timur perlu dilakukan,” ungkapnya

Materi hari pertama dan kedua disampaikan oleh Dedi Murdiyanto narasumber dari KPPN menjelaskan dan praktik langsung aplikasi Sakti.

“Pengoprasian aplikasi PPNPN 2022. Aplikasi tersebut adalah Pengiriman Data Lintas Tahun dan proses pembuatan DPP (Daftar Penghasilan PPNPN) yang selanjutnya kirim data migrasi ke Web” terangnya sambil memimbing praktek. Dilanjutkan pada hari ke dua membuat SPP sampai proses validasi ke KPPN.

Sebagai informasi, rangkaian acara ini merupakan bentuk upaya awal Bawaslu Provinsi Jawa Timur untuk kelancaran pengoperasian SAKTI serta mendukung sarana bagi satker dalam implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Sakti bentuk mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada.