Lompat ke isi utama

Berita

Syamsul Arifin Resmi Jabat Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Siap Jaga Profesionalitas

Syamsul Arifin Resmi Jabat Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Siap Jaga Profesionalitas

Syamsul Arifin  resmi menjabat sebagai ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan. Seperti yang diketahui, Bawaslu RI sudah mengumumkan para komisioner terpilih, termasuk  Bawaslu Kabupaten Pacitan. Pada Sabtu (19/8/2023) kemarin, sebanyak 1.912 anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Indonesia, termasuk Kabupaten Pacitan yang dilantik serentak oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja di Jakarta.

Seusai pelantikan tersebut, sebanyak lima anggota Bawaslu Kabupaten Pacitan yang terpilih langsung melakukan rapat pleno pertama dengan agenda menentukan Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan hingga menentukan koordinator divisi. Pada rapat pleno pertama tersebut, para komisioner Bawaslu Kabupaten Pacitan memilih Syamsul Arifin sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan periode 2023-2028.

Selain menetapkan ketua, hasil dari rapat pleno tersebut juga memutuskan Muhammad Nur sebagai Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa.Kemudian, Fajar Dino Prawika sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Informasi. Untuk Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat dijabat oleh Nurul Fatakhoiruriza. Sedangkan Agus Hariyanto menduduki jabatan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat.

Untuk selanjutnya setelah terpilihnya ketua dan koordinator divisi, Syamsul mengatakan pihaknya akan segera melakukan koordinasi di internal Bawaslu Kabupaten Pacitan. "Karena saat ini sudah masuk tahapan pemilu, kami besok akan langsung bekerja, melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai divisi yang sudah diatur dalam perundang-undangan dengan tetap menjaga profesionalitas ," tegas Samsul saat dihubungi Minggu (20/8/2023) seusai pelantikan. 

"Selain itu, kami juga akan segera melakukan konsolidasi dan pengenalan anggota Bawaslu Kabupaten Pacitan yang baru dilantik ini kepada Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Pacitan," ucapnya.

Sebagai ketua terpilih, Syamsul berharap bahwa Bawaslu Kabupaten Pacitan bisa menjadi lembaga pengawas yang terpercaya. "Untuk terciptanya harapan itu, tentu perlu kerjasama yang solid antara komisioner Bawaslu Kabupaten Pacitan. Karena di Bawaslu itu bekerja kolektif kolegial yang setiap keputusan harus melalui mekanisme pleno," ujar Syamsul. (jie/humas)