Lompat ke isi utama

Berita

Temukan Puluhan Pemilih meninggal Bawaslu Kirim Saran Perbaikan ke KPU Kabupaten Paciitan.

Temukan Puluhan Pemilih meninggal Bawaslu Kirim Saran Perbaikan ke KPU Kabupaten Paciitan.

Bawaslu Pacitan |  Bawaslu melakukan pengawasan melekat dan juga melaksanakan pengawasan tidak langsung dengan melakukan Pencermatan Dokumen atas diumumkannya DPSHP Akhir pasca Rekapitulasi di tingkat PPK bersama-sama jajaran adhoc Panwascam Se-Kabupaten Pacitan Rabu 14 Juni 2023.

Dalam proses inventarisir hasil pengawasan melekat dan pengawasan tidak langsung masing-masing Kecamatan menyampaikan hasil pengawasannya kepada Bawaslu Kabupaten Pacitan. pada tahap awal pasca DPSHP Akhir mendapatkan Potensi Data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat ( TMS ) sejumlah 27  Pemilih Meninggal, dan 1 Data Pemilih Baru, yang tersebar di 6 Kecamatan Se-kabupten Pacitan.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga menyampaikan bahwa hasil pengawasan Bawaslu  Pacitan bersama Jajaran adhoc ditahap ke dua pasca DPSHP Akhir medapatkan Potensi Data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat ( TMS ) sejumlah 94 Pemilih Meninggal, selain itu juga di dapati Data Pemilih Tidak Dikenal sejumlah 12 Pemilih, Data Pemilih Pindah Domisili sejumlah 48 Pemilih, Data Pemilih Baru/ Potensial sejumlah 42 Pemilih, dan Data Pemilih Ubah Data sejumlah 5 pemilih,  yang sudah disertai dengan bukti dukung dan surat keterangan meninggal dari Pemangku Kepentingan yang tersebar di 12 Kecamatan Se-Kabupaten Pacitan.

Hasil Pengawasan tersebut sudah di sampaikan ke KPU Kabupaten Pacitan  yang pertama pada tanggal 6 Juni 2023 dan yang kedua pada tanggal 14 Juni 2023 untuk di lakukan pencermatan kembali dan di lakukan perbaikan data sesuai dengan kondisi termutakhir pemilih.